Bebas Cedera Ketika Berolahraga

black_dino_ranger

Latihan terbaik. Ancaman ketka Anda melakukan olahraga favorit anda, berlari adalah cedera. Tapi ini bukan harga mati.. anda bias bebas dari jerat cedera ketika berlari dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. PEMANASAN, PENDINGINAN

Otot-otot di tubuh anda lebih pendek ketika anda tak aktif secara fisik. Merujuk hokum fisika, otot akan bekerja lebih baik ketika mereka lebih panjang. Pada kondisi ini , otot lebih tahan menghadapi tekanan. Artinya otot lebih panjang mengurangi resiko cedera anda. Untuk mencapai kondisi ini anda perlu pemanasan sebelum olahraga. Anda bias melakukannya dengan berjalan atau jogging ringan selama lima menit. Selain pemanasan penting pula anda melakukan pendinginan. Langkah ini akan mempercepat proses pemulihan dengan membuang asam laktat yang terjebak di otot.

  1. MEREGANG OTOT

Tanpa fleksibilitas anda tinggal menunggu cedera terjadi. Otot yang tegang membuat tak bias berfungsi secara maksimal. Kurangnya fleksibilitas ini kerap membuat anda mengalami cedera agar bencana tak menimpa anda, pastikan melakukn peregangan selama lima menit setelah anda berlari untuk pemenesan.

  1. CUKUP ISTIRAHAT

Jika anda sudah berlatih keras setiap hari, anda justru merusak tubuh disbanding membangunnya. Anda pasti perlu beristirahat setelah sesi latihan yang beratuntuk membantu otot memperbbaiki diri sepenuhnya. Jangan pernah berlari jauh dua hari berturut-turut beri kelonggaran pada diri Anda dengan hanya berlari ringan diantara latihan keras anda.

  1. TAHU DIRI

Berlatih keras saat anda kelelahan atau merasa sakit adalah jalur tercepat bagi anda untuk cedera. Demikian pula dengan kondisi stress dan kurang tidur. Jika anda merasa lemah atau sakit, biarkan tubuh anda baristirahat total. Jadikan jadwak latihan sebagai petunjuk, bukan sebagai penjara.

  1. ALTERNATIF LATIHAN

Pelari yang bijaksana akan memanfaatkan lari lintas alam sebagai opsi utama untuk menjadi lebih kuat. Bila anda berniat mengistirahatkan kaki anda, lakukan latihan memperkuat otot tanpa harus berlari. Hal ni juga melindungi anda dari resiko cedera tapi mampu meningkatkan kebugaran anda. Berenang, bersepeda dan mendayung adalah alternative latihan yang bias dimanfaatkan sebagai latihan pelengkap atau alternative

  1. DOKUMENTASI

Catatlah latihan yang anda lakukan mungkin terlihat terlalu berlebihan, tapi mencatat jarak, kecepatan, dan apa yang anda rasakan kitika berlari bisa mamberikan perspektif penting pada program latihan. Langkah ini juga mengurangi kesalahan yang terjadi dan memperbaikinya.ts

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s